Pengantar Manajemen

Management berasal dari kata-kata :

Manage (Perancis) =   Memerintah kuda, mengendalikan kuda.

Maneggiare (Italy) = Melatih kuda dalam menindak-nindakkan langkah kakinya.

Managgio (Italy) =   Mengurus.

Management (Indonesia) = Kepemimpinan, ketatalaksanaan, pembinaan, penguasaan, pengelolaan, atau pengurusan.

 

Definisi Management.

Di bawah ini dikemukakan definisi-defnisi dari beberapa pendapat/ penulis tentang management, sebagai berikut:

Harold Koontz & Cyril O’Donnel, dalam bukunya: “Principles of Management”, menge­mukakan definisi management sebagai berikut: “Management involves getting things done through and with people”. (Ma­nagement berhubungan dengan pencapaian sesuatu tujuan yang dilakukan melalui dan dengan orang-orang lain). Dalam definisi ini management dititik-beratkan pada usaha memanfaatkan orang-­orang lain dalam pencapaian tujuan. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka orang-orang di dalam organisasi harus jelas wewenang, tanggung jawab dan tugas pekerjaannya (job description).

R. Makharita, expert PBB yang diperbantukan pada kantor Pusat Lembaga Administrasi Negara dari tahun 1977-1980 memberikan definisi sebagai berikut: “Management is the utilization of available or potentials resources in achieving a given ends”. (Management ialah pemanfaatan sumber-sumber yang tersedia atau yang berpotensial di dalam pencapaian tujuan). Dalam definisi ini mana­gement dititikberatkan pada usaha menggunakan/ memanfaatkan sumber yang tersedia atau yang berpotensi dalam pencapaian tujuan. Adapun yang dimaksudkan dengan management resources (sumber/sarana management), ialah: orang (man), uang (money), material (material), mesin (machine), Peralatan (maintenance), metode (method), pasar ( market), waktu (time or minute), dan prasarana lainnya, yaitu tanah, gedung, alat angkutan dan sebagainya.

Tom Degenars, expert PBB yang diperbantukan pada Lembaga Adminis­trasi Negara, tahun 1978-1979 memberikan definisi Management sebagai berikut : “Management is defined as a process dealing with a guided group activity and based on distinct objectives which have to be achieved by the involment of human and non-human resources“. (Management didefinisikan sebagai suatu proses yang berhubungan dengan bimbingan kegiatan kelompok dan berdasarkan atas tujuan yang jelas yang harus dicapai dengan menggunakan sumber-sumber tenaga manusia dan bukan tenaga manusia). Dalam definisi ini management dititik-beratkan pada bimbingan kegiatan ke­lompok. Dalam pencapaian tujuan kelompok ini penggunaan sumber daya manusia adalah sangat penting, sekalipun sumber-sumber daya lainnya tidak boleh diabaikan.

George R. Terry, dalam bukunya: “Principles of Management”, memberikan definisi managemen sebagai berikut : “management is a distinct process consisting of planning, organizing, actuating, and controlling, utiliting in each both science and art, and followed in order to accomplish predetermined objectives”., (Management ialah suatu proses yang membeda-bedakan atas: perencanaan, pengorganisasian, penggerakan pelak­sanaan dan pengawasan, dengan memanfaatkan baik ilmu maupun seni, agar dapat menyelesaikan tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya).

Dalam definisi ini management dipandang sebagai suatu proses mulai dari tahap perencanaan, pengorganisasian, penggerakkan pelaksanaan dan sampai pada pengawasannya.

Management ialah kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu dengan menggunakan bantuan orang lain.

Memimpin berarti menggerakkan orang-orang yang dipimpin dengan segala fasilitasnya untuk mencapai tujuan. Misalnya;

  1. Seorang komandan Pasukan tentara memimpin pasukannya. Berarti komandan itu harus dapat menggerakkan orang-orang dalam pasukannya dengan segala fasilitas yang ada, untuk mencapai tujuan pasukan tersebut.
  2. Seorang Kepala Desa memimpin Desanya. Artinya kepala desa itu mengerahkan semua pegawainya dan semua penduduk desanya agar bergerak untuk mencapai tujuan bersama di desa tersebut.
  3. Seorang pemimpin partai memimpin partainya. Artinya ia menggerakkan anggota partainya untuk mencapai tujuan partai yang dipimpinnya tersebut.
  4. Seorang direktur perusahaan memimpin perusahaannya. Artinya direktur itu mengerahkan segala fasilitas dan pegawai-pegawainya serta pihak lain untuk mencapai tujuan perusahaan tersebut.

Dari uraian di atas, ternyata bahwa istilah memimpin ini tidak hanya terdapat dalam organisasi-organisasi besar dengan usaha yang luas, dengan pegawai-pegawai atau karyawan yang banyak saja, akan tetapi pengertian memimpin ini ada pula dalam usaha skala kecil-kecilan yang mempunyai tujuan tertentu, di mana dalam mencapai tujuan itu perlu menggunakan orang lain.

untuk Bahan Kuliah bisa anda download di bawah ini

Pertemuan I Matakuliah Pengantar Manajemen bisa anda Klik Disini

Pertemuan II Matakuliah Pengantar Manajemen bisa anda Klik Disini

Pertemuan III Matakuliah Pengantar Manajemen bisa anda Klik Disini 

Pertemuan IV Matakuliah Pengantar Manajemen bisa anda Klik Disini 

Pertemuan V Matakuliah Pengantar Manajemen bisa anda Klik Disini 

Pertemuan VI Matakuliah Pengantar Manajemen bisa anda Klik Disini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *